Rabu, 23 November 2016

uts tasawuf



NAMA            : MUHAMMAD SYAHRUL MUNIR
NIM                : 17201153079
KELAS           : PAI 3B
NO ABSEN    : 31
MATKUL       : AKHLAK TASAWUF
1.    Menurut saya tasawuf merupakan upaya yang dilakukan untuk meninggalkan perilaku tercela dan melakukan perbuatan yang terpuji atau menaati segala perintah dan larangannya dengan bermaksud mendekatkan diri kepada Allah. Menurut pemahaman dari pendapat dari Al-Junayd al-Baghdadi (wafat 297 H / 298 M ). “ keluar dari budi perangai yang tercela dan masuk kepada budi perangai yang terpuji. ”
pemikirannya yang disesuaikan dengan firman Allah:
وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِينَ -٧٧-
Artinya: “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah engkau lupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah engkau berbuat kerusakan di bumk Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (Surah AI-Qashash : 77).
2.       Rabi’ah al-Adawiyah memiliki ajaran al-Mahabbah. Bagi Rabi’ah, zuhud dilandasi oleh mahabbah (rasa cinta) yang mendalam. Kepatuhan kepada Allah Swt. pada pemikiran tasawufnya bukanlah tujuan karena ia tidak mengharapkan nikmat surga dan tidak takut azab neraka tetapi ia mematuhi-Nya karena cinta kepada-Nya. Dapat dipastikan bahwa Rabi’ah adalah peletak dasar doktrin al-mahabbah dalam tasawuf. Menurutnya, cinta kepada Ilahi mempunyai dua bentuk yaitu cinta rindu dan cinta karena Dia yang layak dicintai. Adapun cinta kepada-Nya karena Dia layak dicintai ialah cinta karena keindahan dan keagungan-Nya, yang tersingkap kepadanya. Dan yang terakhir inilah cinta yang paling lujur dan mendalam serta merupakan kelezatan yang tiada taranya. Kontribusinya terhadap dunia tasawuf modern adalah dengan memurnikan menerangkan bahwa ibadah itu semata-mata hanya mengharap ridho Allah dan tidak mengharap imbalan surga atau tidak takut adzab neraka tetapi lebih mengedepankan keikhlasan beribadah.
3.     Ajaran tasawuf yang perlu diluruskan adalah ajaran tasawuf Sekte Bathiniyah atau kebatinan, Batihiniyah mulanya didirikan oleh Maimun bin Daishan al-Qaddah, mantan budak Ja’far al-Shadiq. Sekte ini mengajarkan bahwa melaksanakan aturan-aturan syariat adalah tugas orang-orang awam, sedangkan orang-orang khusus (khowash) kewajiban syariatnya gugur karena ibadah mereka bersifat batin. Lantas doktrin ini diakui sebagai ajaran sufi. Ada syariah dzahir dan juga ada syariah batin. Syariah batin khusus untuk orang-orang tertentu. Sedangkan kalangan awam menjalani syariah dzahir. Syariah dzahir seperti shalat, puasa, haji, zakat dan lain-lain. Di kalangan kebatinan Indonesia dikenal orang-orang tertentu yang berpandangan bahwa ibadah cukup dengan eling (ingat pada Allah), tidak perlu menunaikan ibadah dzahir. Saya menyikapinya ini merupakan ajaran yang salah kaprah karena karena menyalahi aturan tentang kewajiban orang islam karena kita sebagai orang islam itu harus menjalankan syariat islam sesuai dengan ajaran yang di bawa rasulullah. Sesuai firman-Nya.
وَأَقِيمُواْ الصَّلاَةَ وَآتُواْ الزَّكَاةَ وَارْكَعُواْ مَعَ الرَّاكِعِينَ -٤٣-
Artinya : “Dan laksanakanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan rukuklah beserta orang yang rukuk.”
4.      Kalau yang saya mengamati perkembangan tasawuf sekarang ini berkembang sangat pesat, bahkan di Indonesia sendiri ajaran tasawuf sudah menjamur dimana-mana. Karena mempunyai daya tarik tersendiri dibidangnya yang menyangkut tentang hal-hal yang bersifat batiniah dari agama, ini dikarenakan tidak terlepas dari perjuangan para sufi yang mengajarkan tasawuf dengan baik. Diperlukan sosialisasi  secara terus menerus agar paham ini terus menyentuh masyarakat awam.
Peran dan pengaruh tasawuf di era modern adalah untuk memurnikan ajaran islam dari pengaruh globalisasi yang menimbulkan berbagai problem tersendiri bagi masyarakat modern, Kehadiran tasawuf di dunia modern ini sangat diperlukan, guna membimbing manusia agar tetap merindukan Tuhannya, dan bisa juga untuk orang-orang yang semula hidupnya glamour dan suka hura-hura menjadi orang yang Zuhud pada dunia. Disamping itu juga, tasawuf modern juga sebagai terapi penyembuhan bagi kegundahan hati dalam merindukan tuhannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar